Profil Pesantren

Sebagai jawaban atas kekhawatiran orang tua tentang pendidikan anaknya di era globalisasi ini, berdirilah Lembaga Pendidikan dan Sosial Al-Aqobah pada tahun 1995. Sebuah lembaga pendidikan dan sosial yang beralamat di Jl. Gerilya 50 Kwaron Diwek Jombang.
Lembaga Pendidikan dan Sosial Al-Aqobah sebagai sosok baru dalam dunia pendidikan menerapkan program Full-day School (pendidikan sepanjang hari).
Berbeda dengan model sekolah pada umumnya, full-day School Al-Aqobah menerapkan konsep dasar Integrated-Activity dan Integrated-Curriculum. Artinya, seluruh program dan aktivitas anak yang ada di sekolah ; mulai dari belajar, bermain, makan dan beribadah dikemas dalam suatu sistem pendidikan.

Visi

Berikhtiar secara maksimal mewujudkan suatu lembaga pendidikan Islam yang modern, sistemik dan visioner.

Misi dan Tujuan

Mewujudkan institusi pendidikan Islam yang berkarakter dan berkepribadian Islam dengan komitmen kualitas sumber daya manusia yang unggul dan kaffah (utuh), baik pada aspek keilmuan, kepribadian, keterampilan hidup dan kepekaan sosial menuju terwujudnya pribadi muslim yang utuh (bastotan fi al-ilmi serta dzu qolbin salim).

Paradigma Pendidikan

  • Tiap anak dilahirkan dengan potensi fitrah yang sama.
  • Tiap anak dilahirkan dengan bekal potensi inteligensi masing-masing
  • Pendidikan adalah proses mengembangkan secara utuh potensi fitrah dan inteligensi anak
  • Prinsip Pendidikan
  • Islamic Education Community (lingkungan pendidikan yang Islami)
  • Full Day Education (pendidikan dan pembinaan sepanjang hari)
  • Integritid Education (pendidikan secara utuh)
  • Enjoy Learning (belajar yang menyenangkan)
  • Multimedia Education (Pembelajaran dengan sarana teknologi)

Konsentrasi Pendidikan

  • Pendidikan Formal Dengan sistem Full Day School, pada pendidikan formal dikonsentrasikan untuk menuntaskan target ketercapaian kurikulum formal (kurikulum nasional dan takhasus). Kompetensi unggulan untuk sekolah SMP-SMA Islam Terpadu siswa diharapkan ahli sains atau IPA yang berwawasan global dan berkepribadian Islami. Dan Kompetensi unggulan untuk MTs dan Aliyah Terpadu siswa diharapkan ahli agama yang berwawasan global dengan kepribadian Islami. Paket pendidikan tersebut diharapkan berkelanjutan dalam masa 6 tahun
  • Pendidikan Pesantren
    Diluar jam sekolah bagi siswa yang bertempat tinggal di pesantren Al-Aqobah, diberikan pendidikan dan pembinaan dan pengawasan sepanjang waktu dengan konsentrasi pembelajaran keilmuan agama melalui Madrasah Tahasus Diniyah (Kelas Ula, Wustho dan Ulya) serta pembinaan ubudiyah, bahasa asing, kepribadian dan kemasyarakatan.

Pembentukan Internasionalisasi Kelas

  • International Class Program (Internasionalisasi Kelas) pada unit SMP Islam Terpadu Misykat Al-Anwar adalah sebuah program kelas khusus dengan konsentrasi materi Ujian Nasional (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika) dan penguasaan bahasa asing.
  • KBM pada program ini dirancang dengan menggunakan metode belajar akseleratif didukung dengan tim tenaga pengajar khusus.
  • Peserta International Class Program adalah siswa yang mendaftarkan diri serta lulus seleksi, dan atau siswa yang ditunjuk oleh LPS berdasarkan bersetujuan wali siswa.

Standar Disiplin Siswa/Santri

  1. Disiplin kegiatan, semua siswa/santri harus mengikuti kegiatan yang dijadwalkan dan tidak boleh meninggalkan kegiatan atau pondok kecuali dengan prosedur izin yang telah ditentukan.
  2. Disiplin waktu, semua siswa/santri harus tepat waktu dalam melakukan aktifitas diri dan kegiatan yang telah ditetapkan.
  3. Disiplin pakaian, waktu sekolah sesuai ketentuan seragam sekolah, waktu sholat bersarung, berbaju koko putih dan berpeci putih, diluar sholat bersarung dan berbaju sopan.
  4. Disiplin tampilan, rambut harus dipotong sesuai dengan standar yang telah ditentukan, tidak boleh memakai perhiasan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan syara’. Seluruh siswa dan santri tidak diperkenankan membawa hp dan merokok.
  5. Disiplin prilaku, semua siswa/santri harus berprilaku dan bertutur kata yang terpuji (akhlakul karimah) dengan membudayakan 4S (Sapa, Senyum, Salam, Santun)

Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Lembaga

  1. Memanfaatkan desain rencana pengelolaan dan pengembangan institusi pendidikan dan pengabdian sosial yang komprehensif, akuntabel, dan visioner.
  2. Mempersiapkan tenaga profesional dan terlatih yang terikat dalam satu tekad dan komitmen dalam mewujudkan visi dan misi lembaga.
  3. Mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dan memenuhi standar penyelenggaraan pendidikan modern dan sistemik.
  4. Desain managemen dan penataan admnisitrasi, pengelolaan lembaga, yang modern dan bertekhnologi.
  5. Mempersiapkan sumber-sumber pendanaan dari potensi internal maupun dari pihak-pihak lain yang perduli dan komitmen terhadap pendidikan.
  6. Membangun hubungan dan kemitraan dengan berbagai lembaga institusi lain, baik didalam maupun luar negeri yang berkomitmen atas pengembangan suatu pendidikan.
  7. Mengembangkan kesamaan pikiran, visi, dan tekad dengan terus menerus menjalin komunikasi, silaturahmi dan kekeluargaan dengan 4S (Senyum-Sapa-Salam-Santun).
  8. Standarisasi sistim managemen yang meliputi standarisasi aturan, standarisasi struktur organisasi sekolah dan standarisasi sumber daya manusia, sehingga menjadikan sekolah di lingkungan LPS Al-Aqobah sebagai sekolah yang baik dan modern.
  9. Menerapkan sistim managemen kerja yang nyaman, produktif dan kolektif.
  10. Bekerjasama dengan orang tua dan masyarakat serta seluruh komponen pendidikan lainnya untuk mengupayakan hasil pendidikan yang efektif.
  11. Selalu melakukan inovasi dalam mengembangkan sekolah sehingga LPS Al-Aqobah akan selalu up to date ditengah-tengah masyarakat tanpa meninggalkan ciri utamanya sebagai sekolah Islam.

Unit LPS Al-Aqobah

  1. UNIT PONDOK PESANTREN, Terdiri dari :
    • Pondok Pesantren Mahasiswa/i dan
    • Pondok pesantren putra/i non mahasiswa
  2. UNIT MAJELIS TARBIYAH WAT TA’LIM (MTT) PP. AL-AQOBAH.
  3. UNIT MADRASAH TAHASUS DINIYAH ULA-WUSTHO-ULYA PP. AL-AQOBAH.
  4. UNIT TAHFIDZUL QUR’AN.
  5. UNIT PENDIDIKAN FORMAL Terdiri dari :
    • SMP ISLAM TERPADU MISYKAT AL-ANWAR Berdiri sejak tahun 2003
    • SMA ISLAM TERPADU MISYKAT AL-ANWAR Berdiri sejak tahun 2006
    • MTs TERPADU MISYKAT AL-ANWAR Berdiri sejak tahun 2006
  6. UNIT LAYANAN KESEHATAN.
  7. UNIT LEMBAGA KURSUS INTENSIF AMTSILATI (LAKIA).
  8. UNIT LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) yang bernama LAKSEDA (Lembaga Kajian Sosial Ekonomi Daerah).
  9. UNIT MAJELIS PENGAJIAN RUTINAN MINGGU PON.

Prasarana LPS Al-Aqobah

  • Gedung asrama pesantren dengan jumlah kamar 20 buah berikut fasilitas pendukungnya.
  • Gedung unit pendidikan formal dengan jumlah ruangan sebanyak 19 buah berikut fasilitias pelengkapnya.
  • 1 (satu) gedung kantor terpadu berikut fasilitias pelengkapnya.
  • 1 (satu) buah tempat Balai Pengobatan umum.
  • 1 (satu) buah ruang istirahat tamu.
  • 1 (satu) ruang pelayanan jasa boga.
  • 5 (lima) buah kantin.
  • 1 (satu) ruang koperasi santri.

Tenaga Pengajar dan Santri PP. Al-Aqobah

Para pendidik dan pengajar di sekolah yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan dan Sosial Al-Aqobah adalah guru-guru yang terpilih dengan seleksi ketat dari berbagai universitas dan institut yang ternama, seperti IAIN, IKIP, UGM, UNIBRA, dan sebagainya. Disamping tenaga profesional dibidangnya, para guru juga dituntut untuk selalu mengembangkan diri dan mengimplementasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari mereka. Untuk itu Lembaga Pendidikan dan Sosial Al-Aqobah secara terus menerus dan berkesinambungan memberikan in house training dan out house training, untuk mengupayakan guru-guru yang memiliki kompetensi dan komitmen yang tinggi.
  • Jumlah tenaga edukatif dan pembina : 55 orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan keahlian dengan sistim rekrutmen fit and proper test.
  • Jumlah siswa dan santri : 450 orang.
  • Jumlah santri : 260 orang (putra/putri) berasal dari daerah seluruh Indonesia.

Rencana Pengembangan LPS AL-AQOBAH

  • Periode tahun 2008-2012, direncanakan akan mendirikan Unit pendidikan formal Madrasah Aliyah Terpadu dan Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MI Terpadu).
  • Periode 2013 –2020, direncanakan akan mengembangkan unit Balai Pengobatan (BP) yang telah ada menjadi Rumah Sakit Al-Aqobah dan Unit pendidikan formal Perguruan Tinggi Al-Aqobah.
| edit post